Pengabdian Masyarakat SMAN 1 Megamendung

Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Megamendung Kabupaten Bogor pada tanggal 15 November 2023, dengan judul “Efektivitas Penggunaan Software Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Dimensi Tiga bagi Siswa SMA Negeri 1 Megamendung”. Tim dosen yang terlibat terdiri dari dosen dari Program Studi Matematika dan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan, yaitu Maya Widyastiti, M.Si, Yusma Yanti, M.Si, dan Drs. Amar Sumarsa, M.Pd mengadakan pelatihan dengan media pembelajaran GeoGebra bagi siswa-siswi di sekolah tersebut. Kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa, yaitu Siti Nurhayati, Layla Durrotul Faaizah dan Alfina Yulia Permana, yang merupakan mahasiswa dari program studi Matematika FMIPA Universitas Pakuan. Adapun materi yang diajarkan adalah dimensi tiga, mengenai jarak titik ke titik, titik ke garis dan titik ke bidang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi dimensi tiga dengan cara memanfaatkan software GeoGebra sebagai media pembelajaran.

Pelatihan penggunaan software GeoGebra ini digelar di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Megamendung. Ibu Maya menuturkan, sebanyak 59 siswa-siswi, yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu XII IPA 1 dan XII IPA 3 SMA tersebut mengikuti pelatihan penggunaan software GeoGebra. “Software ini dinilai sebagai sarana yang efektif untuk pembelajaran matematika karena memiliki fitur serta grafis yang menarik sehingga siswa lebih tertarik mempelajari matematika” sebut Ibu Maya.

Dalam kegiatan ini, respon siswa pun positif. Mereka antusias mengikuti pelatihan penggunaan software GeoGebra ini. Mereka memperhatikan dengan baik setiap aspek di ajarkan di laboratorium dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, kedua instansi berharap besar mengenai keberlanjutan kegiatan ini untuk membawa perbaikan terhadap metode pembelajaran, serta memberikan bekal yang lebih baik kepada peserta didik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilihat pada link berikut.



Informasi PMB

PENDAFTARAN
PEMBAYARAN

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat Indonesia

KONTAK SERVIS
(0251) 8375 547
(0251) 8375547 (Fax)
E-MAIL
math@unpak.ac.id

Ekternal Link

© 2024 Program Studi Matematika
FMIPA - Universitas Pakuan